Friday, September 11, 2015

Tutorial Melarutkan Nutrisi Hidroponik

Dikesempatan yang lalu saya sudah menjelaskan tentang apa itu nutrisi hidroponik beserta kandungan yang terdapat didalmnya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan bagaimana sih caranya menggunakan nutrisi hidroponik itu? kebanyakan orang yang baru memulai hobi ber-hidroponik ini sedikit kebingungan tentang cara penggunaan nutri hidroponik ini, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara berurutan tentang cara menggunakan nutrisi hidroponik ini.



Seperti yang kita ketahui dipasaran terdapat 2 jenis nutrisi hidroponik yang dijual, ada yang sudah berbentuk larutan dan ada yang masih berbentuk padat. Bagi anda yang malas untuk melarutkan nutrisi hidroponik yang padat sebaiknya membeli yang sudah larutan saja, namun untuk yang nutrisi yang sudah terlalrut dengan air itu biasanya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan nutrisi hidroponik yang berbentuk padat dan juga jumlahnya juga berbeda, untuk yang sudah dilarutkan biasanya jumlahnya lebih sedikit dibandingkan nutrisi hidroponik yang berbentuk padat.

Nutrisi Hidroponi yang sudah dilarutkan

Nutrisi Hidroponi yang sudah dilarutkan


Nutrisi Hidroponik yang berbentuk  padat

Nutrisi Hidroponik yang berbentuk  padat


Untuk tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara melarutkan nutrisi hidroponik yang masih berbentuk padat ini. Langsung saja saya mulai tutorialnya.


  1. Langkah pertama kita sediakan 2 buah ember penampungan dan 2 buah jerigen ukuran 5 Liter sebagai tempat untuk nanti kita menyimpan nutrisi hidroponik yang sudah terlarut didalam air.
  2. Berikutnya isi 2 buah ember dengan air masing-masing 5 liter. Sebagai catatan disini saya menggunakan nutrisi hidroponik yang berukuran sedang, yang bisa dilarutkan kedalam air sebanyak 5 liter.
  3. Kemudian setelah 2 ember diisi dengan 5 liter air campurkan nutrisi hidroponik A kedalam ember yang pertama kemudian nutrisi hidroponik B kedalam ember yang kedua.
  4. Setelah itu aduk rata kedua ember tersebut
  5. Setelah  tercampur dengan baik pindah kan kedalam jerigen dan beri keterangan untuk masing-masing jerigen dengan huruf A dan B
Langkah-langkah diatas merupakan cara untuk melarutkan nutrisi hidroponik yang berbentuk padat, untuk cara penggunaannya berikut akan saya jelaskan dibawah ini
  1. Ambil sebanyak 5cc larutan A dan B
  2. Campurkan larutan A dan B tadi kedalam air sebanyak 1 liter untuk lebih mudahnya gunakan gelas ukur sehingga tidak kesulitan mengambil banyak airnya
  3. Kemudian aduk rata sehingga tercampur dengan baik
Sebagai catatan untuk setiap 1 liter air dicampurkan dengan 5cc larutan A dan B jika anda mengambil sebanyak 5 liter air berarti larutan A dan B yang dibutuhkan sebanyak 25cc jika anda tidak memiliki alat untuk mengukur takaran nutrisi hidroponik gunakan saja tutup botol air mineral karena ukurannya pas sebanyak 5cc.

Untuk seberapa banyak air dan nutrisi hidroponik yang dibutuhkan saya akan menjelaskannya pada postingan berikutnya



Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

No comments:

Post a Comment